Gadneh's Blog

Syarat Beriman Saling Mencintai

Shalat Tahajud

tahajjud

tahajjud

Abdullah bin salam berkata: “Ketika Rosulallah saw telah tiba di Madinah, bersegeralah orang-orang mendatanginya. aku termasuk di antara orang yang mendatanginya. Ketika aku memperhatikan mukanya, yakinlah aku bahwa mukanya, bukan muka pendusta. Maka, permulaan ucapan yang aku dengar darinya adalah: Wahai manusia, tebarkanlah salam, berikanlah makanan kepada orang-orang yang lapar, hubungkanlah tali silaturahim dan shalatlah dimalam hari dikala manusia yang lain pada tidur, supaya kamu masuk syurga dengan sejahtera.” (HR. At-Turmudzy, Ibnu Majah dan Al Hakim).

Sahl bin Said berkata: Jibril datang kepada Nabi Muhammad saw, lalu berkata: Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu tapi Engkau pasti mati; berbuatlah sesukamu tapi engkau pasti dibalas menurut perbuatanmu itu; cintailah siapa saja yang engkau kehendaki tapi engkau pasti akan berpisah denganya. Ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mukmin itu ialah sholat waktu malam dan kebesarannya ialah ketiadaan butuhnya kepada sesama manusia.

Dari abu Darda’ dari Rosluallah SAW, sabdanya: TIGA golongan manusia yang dicintai Allah serta disambut dengan tertawa dan gembira, yaitu:

  1. Seseorang yang dalam peperangan dan ketika barisan didepannya telah kocar-kacir, ia terus maju mempertahankan jiwanya semata-mata untuk Allah, baik ia terbunuh atau dimenangkan oleh Allah Azza Wajalla. Allah berfirman: Lihatlah hamba-Ku itu, betapa ia bersabar dan mempertaruhkan jiwanya untuk-Ku.
  2. Seseorang yang mempunyai istri yang cantik serta tempat tidur yang lunak, lalu ia bangun bershalat malam (bertahajjud). Allah berfirman pula: Orang itu meninggalkan syahwatnya semata-mata untuk berzikir kepadaKU, padahal andaikata ia suka, dapat saja meneruskan tidurnya.
  3. Seorang yang dalam bepergian bersama orang banyak, disaat malam tiba dan orang-orang itu berjaga, kemudian tidur semuanya, ia pun bangun diewaktu sahar, baik dalam keadaan susah atau senang.

dikutip hadits Rosulallah saw yang termaktub dalam kitab Kasyful Ghummah jilid I halaman 95 bahwa. Rosullallah saw bersabda: kamu sekalian wajib bangun shalat pada waktu malam, karena shalat malam itu kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, merupakan ibadah kepada Tuhan kalian yang bisa mencegah berbagai macam dosa, merupakan tebusan bagi berbagai macam kejahatan dan dapat menolak  penyakit dari badan [lihat terjemah At-Tarhib wat-Targhib, Hafidz al-Mundziry, Pustaka Amani, Jakarta]

[sumber koleksi buku penulis, judul: Keajaiban Shalat Tahajud – Ahmad Muarif]

9 April 2009 - Posted by | Dunia Islam | , ,

4 Komentar »

  1. Download Software AL-QUR’AN Pro Ver. 3.0
    Al-Qur’an lengkap 30 juz ( 114 Surat + teks & terjemahan (Arab/English/Indonesia))
    Tafsir Quran Lengkap, Penunjuk waktu sholat, 21 bahasa terjemahan Al-Quran, Al-Qur’an Audio with Voice of Shaikh Sudaish (Imam Mecca).
    Download Gratis Sekarang . Link Download http://www.ziddu.com/download/3082887/Al-QuranProVer.3.0.exe.html

    Suka

    Komentar oleh Frida Lidwina | 17 April 2009

  2. Bos numpang ambil artikel y…syukron

    Suka

    Komentar oleh Tariq | 28 April 2009

  3. “Seorang yang dalam bepergian bersama orang banyak, disaat malam tiba dan orang-orang itu berjaga, kemudian tidur semuanya, ia pun bangun diewaktu sahar, baik dalam keadaan susah atau senang.” golongan manusia yang ini maksudnya gimana y??? saya kurang mengerti mohon diterangkan kembali… terima kasih..

    Suka

    Komentar oleh nurdinshochibuliman | 16 Desember 2011

  4. Orang yang bepergian dalam sekumpulan (musafir) seperti jaman2 dahulu…

    Wallahua’laam bishawab

    -ada baiknya di koreksi lagi, kalo saya salah- sukron katsiron

    Suka

    Komentar oleh Faris Gadneh | 17 Desember 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: